Hubungan Antara Perilaku Bullying dengan Efikasi Diri Pada Remaja
Keywords:
Perilaku Bullying, Efikasi Diri, RemajaAbstract
Bullying sudah menjadi masalah global yang kerap dijumpai dan dihadapi banyak orang khususnya remaja, baik sebagai pelaku bullying maupun korban dari perilaku bullying. Bullying adalah suatu bentuk perilaku agresif yang terjadi berulang kali dengan cara menyakiti fisik maupun mental yang dilakukan oleh anak ataupun sekelompok anak terhadap anak yang lain. Kejadian bullying yang dihadapi remaja dapat berdampak pada efikasi diri remaja. Efikasi diri merupakan kemampuan seseorang atau individu dalam menyelesaikan tugas atau masalah sehingga dapat mencapai tujuan dalam mengatasi hambatan yang dialami. Remaja dengan efikasi diri yang tinggi memiliki kepercayaan dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan kontrol kinerja yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara perilaku bullying dengan efikasi diri remaja di SMA Negeri 1 Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 200 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Dari hasil uji statistik Chi-Square diperoleh nilai p = 0,000 dengan tingkat kemaknaan a = 0,05. Hal ini menunjukkan p < a, artinya ada hubungan yang signifikan antara perilaku bullying dengan efikasi diri remaja di SMA Negeri 1 Tana Toraja. Dengan demikian semakin tinggi perilaku bullying maka semakin rendah efikasi diri remaja ataupun sebaliknya.
Downloads
References
Amawidyati, S. A. G., & Muhammad, A. H. (2017). Program Psikoeduasi Bullying Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Guru Dalam Menangani Bullying Di Sekolah Dasar. Intuisi?: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 258–266.
Anggraini, D. S., Azizah Heru, M. J., Jatimi, A., Munir, Z., & Rahman, H. F. (2020). Efektivitas Self Efficacy Mengahadapi Bullying Di Sekolah. Quality?: Jurnal Kesehatan, 14(2), 74–84. https://doi.org/10.36082/qjk.v14i2.108
Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying Pada Remaja Awal. Nursing News, 4(1), 54–66.
Feist, J., & Feist, G. J. (2014). Teori Kepribadian (7th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.
Haraldstad K, Kvarme L, Christophersen K, & Helseth S. (2019). Associations Between Self-efficacy, Bullying And Health-related Quality of Life in a School Sample of Adolescents: a Cross-Sectional Study. BMC Public Health, 19(1), 1–9.
Herrman, H., Stewart, D. E., Diaz-Granados, N., Berger, E. L., Jackson, B., & Yuen, T. (2011). What is Resilience? Canadian Journal of Psychiatry, 56(5), 258–265. https://doi.org/10.1177/070674371105600504
Kepolisian. (2019). Rencana Kerja Polres Tana Toraja (Vol. 8). https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178
Pusdatin Kemenkes RI. (2018). Data KPAI Tentang Kekerasan Pada Anak.pdf.
Rigby, K. (2014). Self-Efficacy Differences Between Perpetrators and Victims. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rustika, I. M. (2012). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945
Sari, Y. P., & Azwar, W. (2017). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366
Sufriani, & Sari, E. P. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, 8(3).
Thornberg, R., & Jungert, T. (2015). Bystander Behavior in Bullying Situations: Basic Moral Sensivity, Moral Disengagement and Defender Self-efficacy. Adolescence, 130(4), A79–A80.
Tumon, M. B. A. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja Matraisa Bara Asie Tumon. 3(1), 1–17.
Yusuf, H., & Fahrudin, A. (2012). Perilaku Bullying: Asesmen Multidimensi Dan Intervensi Sosial. Jurnal Psikologi, 11(2), 10. https://doi.org/10.14710/jpu.11.2.10
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jenita Laurensia Saranga', Siprianus Abdu, Agustina Lorensia Marampa, Asnia Mangalla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.