Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Tingkat Stres Anak di Era New Normal Covid-19

https://doi.org/10.52774/jkfn.v5i2.103

Authors

  • Mery Sambo Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar
  • Maria Joseva Angwarmase Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar
  • Nikodemus Sili Beda Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar
  • Lusia Reresi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar

Keywords:

Covid-19, Tingkat Stres Anak, Dukungan Orang Tua

Abstract

Orang tua adalah lingkungan sosial pertama yang ditemui siswa dalam dunia nyata. Keberhasilan pendidikan juga merupakan tanggung jawab dari orang tua. Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahuai hubungan dukungan orang tua dengan tinggkat stress anak di era new normal Covid-19 di SMP Frater Makassar. Jenis penelitian ini adalah non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik random stratifight sampling pada siswa SMP  Frater Makassar  dengan jumlah 84 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dukungan orang tua dan Depresion Anxiety Stress Scale (DASS).  Uji statistic yang digunakan adalah Chi-Square. Hasil penelitian diperoleh nilai   p = 0.000 (???? = 0.05) artinya ada hubungan antara dukungan orang tua dengan tingkat stress anak di era new normal Covid-19. Dengan demikian diharapkan kepada orang tua  siswa dapat meningkatkan perhatian, bimbingan, arahan dan motivasi serta memantau jadwal belajar selama masa pandemic Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amseke, F. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Peneliti dan Pengembangan Pendidikan, 151(1), 10–7.

Basriyanto, D. (2019). Dukungan Orang Tua terhadap Motivasi Berprestasi Pada Atlet Muda Sepakbola Di Pekanbaru. J Psikol, 2(2), 70–75.

Crawford, J. R & Henry, J. D. (2003). The Depression Anxiety Stress Scale (DASS): Normative data and latent structure in a large non-clinical sample. British Journal of Clinical Psychology, 42, 111-113.

Dewi, R. D. M. (2021). Gangguan kecemasan pada wanita hamil di saat pandemi covid-19. [Skripsi, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya]. eRepository. https://erepository.uwks.ac.id/9517/

Gugus Tugas Covid-19. Analisis data covid-19 indonesia. Vol. I, Data Covid-19 Indonesia Hari Ini. 2020. hal.105.

Malwa, R. U. (2018). Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Psikis J Psikol Islam, 3(2), 137-142

Mastoah, Imas & MS, Z. (2020). Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar pada Masa Covid-19 di kota Serang. Jurnal Aa-Sibyan. 5(2), 3–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.3663

Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase ( Covid-19 ) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal Pgsd, 6(1), 39–49.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid- 19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Rahayu, Puji, Rohana, & Febriani, E. (2021). Analisis Peran Orang Tua Sebagai Pengganti Guru Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Smp Negeri 1 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.157

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari,M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15.https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Sinaga J. D, Dharma U. S. (2018). Tingkat Dukungan Orang Tua Terhadap Belajar Siswa. J Educ Couns, (2)1:43–54.

Tang, S., Xiang, M., Cheung, T., & Xiang, Y. (2020). Mental Health And Its Correlates Among Children And Adolescents During COVID-19 School Closure: The Importance Of Parent-Child Discussion. Journal Affective Disorders, 353–360. https://doi.org/doi: 10.1016/j.jad.2020.10.016

Tangkuman, K. M., Dundu, A. E., & Kaunang, T. M. D. (2021). Faktor-faktor yang Berperan terhadap Terjadinya Kecemasan Orang Tua Anak Sekolah Dasar di Desa Maumbi pada Masa Pandemi Covid -19. Journal Medical Scope 3(1), 105. https://doi.org/10.35790/msj.3.1.2021.35045

Published

2022-12-21

How to Cite

Sambo, M., Angwarmase, M. J., Beda, N. S., & Reresi, L. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Tingkat Stres Anak di Era New Normal Covid-19. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 5(2), 67–71. https://doi.org/10.52774/jkfn.v5i2.103

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.